Penuhi Syarat World Class University, UMS Tambah 3 Guru Besar dari Kampus Sendiri

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) fokus untuk menuju visi kampus berkemajuan yakni menuju world class university.

Upaya ini diwujudkan dengan terus menambah jumlah guru besar di UMS. Seperti pada Sabtu (17/2/2024) UMS mengukuhkan 3 Guru Besar baru di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS.

Tiga Guru Besar yang dikukuhkan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Mereka adalah Prof., M. Farid Wajdi, S.E., M. Ph.D, (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen), Prof., Dr., Zulfikar, S.E., M.Si., (Guru Besar Bidang Akuntansi ), dan Prof., Dr. Ihwan Susial, S.E., M.Si., Ph.D (Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen).

Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif., M.Si., menjelaskan total Guru Besar UMS ada 49 Profesor.

“Ketiga guru besar ini semuanya berasal dari fakultas yang sama, dan lulusan S1 dari FEB UMS. Yang spesial lagi Prof. Ihwan dan Prof. Zulfikar ini adalah murid dari Prof. Farid, dan Alhamdulillah ketiganya dikukuhkan bersama pada hari ini,” ungkap Rektor Anif.

Rektor Anif menyebut ini merupakan bentuk komitmen UMS dalam mencapai visinya di mana pada tahun 2029 UMS menjadi World Class University.

“Banyak syarat untuk menuju Worls Class University. Salah satu indikatornya dilihat dari kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) yakni jumlah Guru Besar. UMS juga terus memenuhi riset-riset dosen. Posisi saat ini dari jumlah dosen baru 40 persen yang memenuhi riset. Jadi masih kurang 20 persen. Ini yang akan kita kejar. Kita fasilitasi dan permudah,” ungkapnya.

Sementara untuk jumlah Guru Besar, Prof. Anif menyebut target tahun 2029 bisa mencapai 100 guru besar.

“Dengan pengukuhan guru besar ini bisa menjadi motivasi dosen yang lain. Sehingga UMS juga mempermudah agar dosen bisa menyelesaikan tulisannya dan mengejar gelar Profesor untuk kemudia menyusul menjadi Guru Besar,” tegas Prof. Anif.

Dalam amanat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof., Dr., Irwan Akib., menyampaikan pada momen yang sangat penting ini atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat kepada 2 Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi dan 1 Guru Besar Bidang Akuntansi.

“Di mana gelar ini bukan hadiah, tetapi jabatan akademik tertinggi di Perguruan Tinggi yang dicita-citakan oleh banyak orang. Terlebih semua adalah alumni dari UMS. Sekali lagi selamat,” ujarnya.

Harapannya dengan bertambahnya jumlah guru besar juga dapat memiliki kontribusi yang besar pula bagi kampus, Persyarikatan Muhammadiyah, maupun bangsa dan negara Indonesia.

“Ada tanggung jawab lebih besar dari jabatan akademik itu, yaitu pendidikan dan pengajaran terkait Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Silakan dikembangkan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Bhimo Widyo Andijim S.H., M.H., mengucapkan selamat kepada 3 Guru Besar yang telah dikukuhkan pada hari ini.

“Apresiasi yang setinggi tingginya kepada 3 Guru Besar pendidikan tinggi yang telah mencapai gelar akademiknya. Dan semoga senantiasa berkontribusi dalam penelitian maupun memberikan berbagai terobosan di bidang akademik. Selain itu juga bisa memberi semangat antar dosen untuk bisa mengabdi hingga mendapatkan guru besar,” pungkasnya.