Pelajaran Berharga Tim Amerika Serikat U-17 Jelang Laga Kontra Jerman U-17

oleh
Amerika
Striker Amerika Serikat Nimfasha Berchimas (FIFA) | Dok. FIFA

JAKARTA, MettaNEWS – Kekalahan telak 0-3 atas Prancis U-17 di penyisihan Grup E Piala Dunia U-17 2023, menjadi pelajaran berharga bagi timnas Amerika Serikat U-17.

Mereka membawa evaluasi kekalahan tersebut untuk persiapan laga melawan Jerman di babak 16 Besar.

AS U-17 menutup babak penyisihan dengan kekalahan dari Prancis U-17. Namun kekalahan itu memang tidak mempengaruhi langkah AS U-17 menuju 16 besar.

“Saat kami kebobolan di akhir babak pertama dan melakukan blunder, kami tidak menyerah. Kami tetap berusaha keras dan menciptakan tiga peluang meski pada akhirnya kami tidak mampu memaksimalkannya,” kata pelatih AS U-17, Gonzalo Segares.

“Tetapi, inilah sepakbola. Ini akan masuk dalam evaluasi. Jadi kami mengambil pelajaran dari laga ini untuk dibawa ke laga selanjutnya,” ujarnya.

Saat ini yang harus dilakukannya adalah kembali memulihkan kepercayaan diri pemain. Kekalahan yang cukup besar saat melawan Prancis U-17 diakuinya sedikit mempengruhi mental pemain.

Mereka sempat ‘down’. Tetapi dia optimistis pemain bakal bangkit. Hal ini penting, mengingat lawan selanjutnya yang dihadapi mereka adalah salah satu tim kuat Eropa, Jerman U-17.

“Saat ini yang utama adalah membangun lagi kepercayaan diri pemain untuk mempersiapkan diri melawan Jerman U-17. Ya, Jerman adalah tim yang bagus, juara Eropa. Jadi, sama dengan hari ini, pertemuan nanti pasti akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami harus bersiap untuk bisa bersaing,” kata Segares menegaskan.

Untuk bisa bersaing dengan tim-tim terbaik dunia di Piala Dunia U-17 2023, menurutnya, yang harus dipersiapkan adalah pembuktian di lapangan. Pasalnya, secara semangat juang dan kualitas individu pemain, dia menilai timnya memiliki kualitas dunia yang bisa bersaing.

“Tentu kami harus membuktikan bahwa kami juga bisa bersaing bukan? Saya pikir kami memiliki fighting spirit dan pemain yang berkualitas. Ini hanya tentang bagaimana kami meminimalisir terjadinya kesalahan, seperti yang kami lakukan hari ini, lalu kami melangkah maju tanpa rasa takut,” ungkapnya.

Meski menginginkan hasil bagus, tetapi, menurut Segares yang terpenting adalah bagaimana sebenarnya pemain mendapatkan pengalaman bermain di turnamen kelompok usia terbaik ini. Tantangan untuk melawan tim-tim terbaik dunia.