Pekan Sains SD Muh PK Kottabarat Ajarkan Anak Peduli Lingkungan

oleh
oleh
Murid SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat melakukan eksperimen peduli lingkungan | Foto : Humas SD Muh PK Kottabarat

SOLO, Metta NEWS – Hari Sains Dunia yang diperingati setiap tanggal 10 November, menjadi momentum bagi SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan Pekan Sains dengan tema “Peduli dan Berprestasi,” Jumat-Sabtu (12-13/11).

Kegiatan yang digagas oleh tim klaster IPA ini digelar secara virtual dan diikuti oleh seluruh siswa kelas I-VI. Berbagai bentuk kegiatan seperti eksperimen pembuatan pupuk organik cair dari air bekas cucian beras, praktikum jembatan warna, kertas bergoyang, balon ajaib, dan KOMSI (Kompetisi Sains Internal) ditampilkan oleh para peserta. 

Koordinator tim klaster IPA, Ustazah Lusia Wahyu Purbowati, menyampaikan kegiatan pertama, adalah eksperimen pembuatan pupuk organik cair dari air bekas cucian beras dilakukan agar siswa memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. 

“Selama ini air cucian beras biasanya langsung dibuang tanpa dimanfaatkan, padahal bisa dimanfaatkan untuk pupuk alami bagi tumbuhan,” ungkapnya. 

Siswa melakukan praktikum pembuatan pupuk organik cair di rumah masing-masing dengan panduan video tutorial di kanal YouTube SDMUHPK TV. Setelah jadi, mereka bisa langsung memanfaatkannya untuk memupuk tumbuhan di sekitar rumah.

Selain pembuatan pupuk organik cair, siswa juga diajak melakukan kegiatan eksperimen jembatan warna, kertas bergoyang dan balon ajaib. Ketiga eksperimen ini dilakukan untuk menguatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar sains yang ditemui di sekitar rumah. 

“Puncak kegiatan pekan sains adalah KOMSI (Kompetisi Sains Internal), yang diikuti siswa kelas I-VI, dengan cara mengerjakan soal secara daring menggunakan aplikasi Quizizz dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube SDMUHPK TV, sehingga siswa bisa langsung mengetahui hasilnya secara real time,” imbuh Ust. Lusia.

No More Posts Available.

No more pages to load.