Momen Pemilu 2024, Trafik Broadband Telkomsel Naik 8,4%, Didominasi Akses Video

oleh
oleh
Trafik layanan data atau payload Telkomsel selama momen Pemilu Serentak 2024 mencapai 54,14 Petabyte atau meningkat 8,41% | MettaNEWS / dok Telkomsel

JAKARTA, MettaNEWS – Pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2/2024), tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 54,14 Petabyte. Atau meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa 2024.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital Telkomsel selama Pemilu 2024 ini didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan. Secara rinci aktivitas pelanggan yakni pada akses video hingga 13,20%, social media hingga 9,80%. Kemudian layanan komunikasi (chat dan messaging) 4,56%, web browsing hingga 9,40% dan games hingga 17,70%.

Ini membuktikan Telkomsel mengambil peran terdepan dalam mendukung program Pemerintah. Telkomsel sukses mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital pelanggan pada momentum Pemilu Serentak 2024.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan, Telkomsel konsisten terus mengambil peran terdepan dalam mendukung program-program pemerintah.

“Kami mengambil peran sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia. Khususnya dalam mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah berhasil memastikan kesiapan infrastruktur jaringan sehingga seluruh layanan komunikasi digitalnya berjalan lancar tanpa gangguan ataupun kendala yang berarti,” paparnya.

Sehari menjelang pemungutan suara, Telkomsel juga mencatatkan peningkatan trafik layanan suara hingga 10,4% dibandingkan rerata hari biasa 2024.

Sedangkan untuk trafik layanan SMS tercatat menurun 5%, sejalan dengan tren telekomunikasi terkini. Telkomsel juga mencatatkan adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti TikTok (naik 21%), Instagram (naik 13,7%), WhatsApp (naik 6,5%), Facebook (naik 6,2%), dan YouTube (naik 4,2%).

“Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut, juga berkaitan dengan distribusi informasi terkait Pemilu dan akses hasil Quick Count,” jelasnya.

Saki mengungkapkan, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Pemilu 2024 di sejumlah titik keramaian dibandingkan hari biasa. Seperti trafik di sekitar titik KPU Kabupaten Merauke yang naik sekitar 269,6%, STO Samarinda yang naik sekitar 128,2%. Juga KPU Kabupaten Boven Digoel yang naik sekitar 42,9%, KPU Daerah Bener Meriah yang naik sekitar 37,2%. Dan KPU Daerah Samosir yang naik sekitar 23,5%.

“Menjelang Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah memastikan kesiapan infrastruktur. Guna menjaga kenyamanan akses komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia. Selama periode pemungutan dan perhitungan suara berlangsung. Hingga pengumuman hasil pemilu mendatang,” tegasnya.

Saki melanjutkan, optimalisasi jaringan telah dilaksanakan pada 680 titik keramaian. Termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, hingga lokasi penting lainnya yang berpotensi menjadi fokus perhatian selama pemilihan. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan 13 Posko yang tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan untuk memonitor kesiapan jaringan secara intensif dan real-time.