Menu Kesukaan Presiden Jokowi akan Tampil Pada Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Kolaborasi dengan Pemerintah Kota Surakarta dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Teh Pucuk Harum hadirkan Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa”

Sebanyak 80 tenant UMKM siap meramaikan festival kuliner dari Sabang sampai Merauke. Yang akan berlangsung  pada 8 dan 9 Juli 2023 mendatang di Benteng Vasternburg Solo. Puluhan tenant kuliner tersebut sudah terkurasi, teruji masa sebagai kuliner legendaris, dan juga menjadi buruan banyak orang.

Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” ini menjadi event besar yang menyatukan keberagaman budaya melalui kuliner nusantara.

Senior Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia mengatakan, kuliner merupakan salah satu bentuk budaya dan sebagai identitas suatu kelompok masyarakat. Sehingga kuliner juga dapat menjadi pemersatu bangsa.

“Sejalan dengan ciri khas festival kuliner Teh Pucuk Harum yaitu Pucuk Coolinary Festival. Yang juga mendukung kemajuan industri UMKM bidang kuliner, kami berharap acara Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris dapat menjadi wadah yang tepat. Untuk para pencinta kuliner agar dapat lebih mengenal keberagaman kuliner di Indonesia. Dan tentunya pengalaman kuliner bersama Teh Pucuk Harum bukan sekedar festival kuliner biasa,” ungkap Yustina.

Di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 3.529 ragam kuliner autentik tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun tidak banyak orang yang mengetahui dan telah mencoba berbagai jenis makanan dari seluruh  nusantara.

“Sebagai brand lokal Indonesia, Teh Pucuk Harum berkomitmen untuk menghadirkan keberagaman rasa nusantara dari masakan yang bercita rasa pedas, manis, gurih dengan kurasi legendaris pilihan. Yang akan memberikan pengalaman baru bagi pencinta kuliner terutama masyarakat kota Solo,” tuturnya.

Pihaknya berharap para pengunjung dapat mencicipi semua hidangan terbaik di berbagai zona dengan ditemani oleh Teh Pucuk Harum.

“Karena Teh Pucuk Harum sangat cocok dinikmati bersama dengan makanan apa saja. Kesegaran Teh Pucuk Harum yang diambil dari pucuk teh terbaik, mampu meningkatkan cita rasa semua hidangan,” tambah Yustina.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kota Surakarta, Wahyu Kristina menyampaikan pertumbuhan UKM di Solo khususnya bidang kuliner cukup signifikan.

“Pertumbuhan jumlah UMKM signifikan sejak pandemi covid-19 di Kota Solo. Ada lebih dari 11 ribu UMKM. Khusus kuliner, sekitar 3 ribu UMKM. Targetnya, tahun ini akan muncul banyak UMKM baru, terutama kuliner,” tutur Ina saat press conference Festival Kuliner Legendaris yang diselenggarakan Teh Pucuk Harum, Kamis (6/7/2023).

Ina menyebut Wali Kota Solo Gibran juga memberi perhatian khusus bagaimana mengembangkan dan membuat UMKM naik kelas.

“Acara Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris merupakan salah satu wadah untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam melalui kulinernya kepada masyarakat kota Solo dan sekitarnya. Pemerintah Kota Surakarta menyadari betul untuk mendukung pertumbuhan UMKM di kota Solo perlu adanya dukungan dari setiap sektor tidak terkecuali pihak swasta,” ungkap Ina.

Ina menyampaikan Pemerintah Kota Surakarta memberikan apresiasi bagi penyelenggara dan Teh Pucuk Harum. Yang sudah menyelenggarakan acara Festival Kuliner Legendaris yang memberikan wadah bagi UMKM kuliner. Untuk menunjukan kreasinya dan bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat kota Solo dan sekitarnya,” paparnya.

Untuk memudahkan para pengunjung, Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris membagi lima (5) zona yakni Zona Kuliner Legendaris, Zona Jejak Kuliner Jokowi, Zona Pedas, Zona Manis dan Zona Gurih.

Zona Kuliner Legendaris menghadirkan lebih dari 30 tenant terbaik dari berbagai kota di Indonesia. Seperti Batagor Kingsley Bandung, Keripik Sinjai Cristine Hakim, Pempek Pak Raden, Ikan Mak Beng Sanur, Kepiting Dandito Kalimantan dan masih banyak lainnya.

Zona Jejak Kuliner Jokowi merupakan zona yang akan menghadirkan 10 tenant kuliner asli Solo. Yang merupakan kuliner langganan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni Lenjongan, Lekker Gajahan, Sate Kere Yu Rebi, Es Dawet Yu Dermi, Tengkleng Bu Edi, Tahu Kupat Sido Mampir. Kemudian Nasi Liwet Wongso Lemu, Gudeg Mbak Yus, Serabi Notosuman, dan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel.

Zona Pedas, Manis, dan Gurih yang juga menjadi ciri khas festival kuliner yang dihelat oleh Teh Pucuk Harum. Terdapat 40 tenant nusantara dan kekinian yang akan terlibat pada acara ini. Pada zona ini, pengunjung dapat menikmati cita rasa gurih yang bikin nagih, manis yang nikmat dan pedas yang luar biasa.

CEO RND Group – Nuraga Co, Reynol Bolung selaku penyelenggara Festival Kuliner Legendaris menambahkan selain menyajikan kuliner yang beragam, para pengunjung Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris juga dapat mengikuti aktivitas lainnya. Seperti spicy king noodle contest, bagi-bagi 10.000 makanan favorit khas kota Solo. Serta menampilkan peralatan dan cara memasak tradisional. Yang bisa menjadi ajang untuk warga kota Solo dan sekitarnya mengenali lebih dalam mengenai budaya nusantara melalui kulinernya.

“Melalui kolaborasi ini, Teh Pucuk Harum juga ingin memberikan apresiasi terhadap para tenant yang merupakan bagian dari UMKM di Indonesia melalui Pemilihan Tenant Favorit ‘Juara Kuliner Nusantara’ yang pemenangnya akan dipilih langsung oleh foodies melalui voting. Tenant favorit yang terpilih pastinya akan mendapatkan hadiah yang menarik,” pungkasnya.