YOGYAKARTA, MettaNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 (Daop 6) Yogyakarta mencatatkan kinerja positif dalam layanan angkutan penumpang sepanjang Januari hingga September 2025. Tercatat, sebanyak 9.832.194 penumpang menggunakan layanan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) dengan rincian 4.931.013 penumpang berangkat dan 4.901.181 penumpang tiba di berbagai stasiun dalam wilayah Daop 6.
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menjelaskan bahwa puncak volume penumpang terjadi pada Juli 2025, dengan total 1.339.279 penumpang. Rinciannya, 677.737 penumpang berangkat, dan 661.542 penumpang tiba.
“Angka ini dipengaruhi oleh adanya momentum libur sekolah yang dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian dan berwisata,” jelas Feni, Rabu (8/10/2025).
Tiga stasiun utama, yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan, menjadi penyumbang volume tertinggi, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan penumpang. Berikut rinciannya:
Volume Keberangkatan Penumpang:
-
Stasiun Yogyakarta: 2.296.174 penumpang
-
Stasiun Lempuyangan: 1.131.103 penumpang
-
Stasiun Solo Balapan: 773.408 penumpang
Volume Kedatangan Penumpang:
-
Stasiun Yogyakarta: 2.246.030 penumpang
-
Stasiun Lempuyangan: 1.118.639 penumpang
-
Stasiun Solo Balapan: 838.831 penumpang
Feni menyatakan bahwa angka ini menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api sebagai moda pilihan utama yang aman, nyaman, dan tepat waktu.
“Capaian angka penumpang ini membuktikan bahwa layanan kereta api masih menjadi tulang punggung mobilitas masyarakat. Kami akan terus memastikan pelayanan tetap prima, baik dari sisi keselamatan, ketepatan waktu, maupun kenyamanan pelanggan,” ujarnya.
Dalam rangka mendukung mobilitas masyarakat, Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan pengawasan keselamatan, baik di stasiun maupun sepanjang jalur rel. Upaya ini selaras dengan semangat HUT ke-80 KAI yang mengusung tema “Semakin Melayani”.
“Masyarakat dapat mengupdate informasi seputar jadwal kereta, promo tiket, dan lainnya melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, atau menghubungi KAI Contact Center 121,” tutup Feni.







