KPP Madya Surakarta Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

KPP Madya Surakarta
Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi KPP Madya Surakarta | dok Humas KPP Madya Surakarta

SOLO, Metta NEWS – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Surakarta mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi di Aula KPP Madya Surakarta, Rabu, (23/2/2022). Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri stakeholder, pegawai, dan perwakilan wajib pajak.

Kepala KPP Madya Surakarta Guntur Wijaya Edi menjelaskan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ini merupakan bagian dari komitmen seluruh pegawai KPP Madya Surakarta.

“Pencanangan ini sebagai langkah dalam mendukung dan mewujudkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai institusi yang memiliki budaya antikorupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan yang optimal dan berkualitas,” ungkap Guntur. 

Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala KPP Madya Surakarta, dilanjutkan penandatangan piagam komitmen bersama secara simbolis oleh kepala kantor dan perwakilan wajib pajak yang hadir, selanjutnya diikuti oleh seluruh pegawai.

“Masa pandemi tentu tidak menyurutkan niat, semangat dan tekad KPP Madya Surakarta dalam memberikan pelayanan yang prima kepada wajib pajak. Dengan semangat budaya antikorupsi, kita jaga dan kuatkan integritas dan profesionalisme kerja dengan senantiasa meningkatkan sinergi dengan para pemangku kepentingan. Tak lupa, KPP Madya Surakarta senantiasa melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” jelas Guntur.

Guntur menyebut pembangunan ZI-WBK merupakan wujud reformasi birokrasi sebagai langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional dalam mewujudkan good governance dan clean government menuju petugas pajak yang bersih dan bebas dari KKN, peningkatan pelayanan prima serta peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja.

Dalam upaya meraih predikat ZI-WBK, KPP Madya Surakarta berfokus pada program terkait manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja serta inovasi-inovasi bagi peningkatan pelayanan KPP Madya Surakarta kepada seluruh stakeholder.

Selain itu, dukungan baik dari internal maupun eksternal mutlak diperlukan sebagai media untuk menularkan visi, misi, dan semangat yang sama. Adapun wujud dukungan para pemangku kepentingan dan wajib pajak dituangkan dalam bentuk video testimoni dari perwakilan wajib pajak.