Kolaborasi Jaringan dan Pelayanan Kunci Sukses Bangun Bisnis

oleh
oleh

SOLO,MettaNEWS – Kejar Mimpi Lokal Berdaya bersama CIMB Niaga menghadirkan mentoring bisnis lewat talkshow Mengoptimalkan Jaringan dan Pelayanan untuk Peningkatan Performa Bisnis.

CIMB Niaga menghadirkan pembicara KGPAA Mangkunegara X, Tokoh Masyarakat Sumartono Hadinoto dan Ketua Hipmi Jawa Tengah (Jateng) Wulan Rudy di Atrium Solo Paragon Mall, Minggu (24/9/2023).

Ketua Hipmi Jateng Wulan Rudy memberikan kunci dalam berbisnis.

“Kuncinya adalah jangan merasa bisnis kita jatuh. Saat bisnis kita menurun kita anggap ini belajar, latihan. Kalau gagal kita coba cara berikutnya. Sampai kita menemukan cara yang paling pas untuk bisnis kita,” tuturnya pada puluhan peserta mentoring.

Pemilik sembilan usaha-usaha besar ini mengatakan hingga hari ini ia tetap belajar menjalankan bisnis.

“Saya sampai hari ini masih belajar. Bisnis itu modalnya semangat. Ya semangat belajar, semangat terus mencoba mencari cara hingga menemukan formula yang pas,” tandasnya.

Selain semangat, Rudy menyebut jaringan juga menjadi kunci berikutnya. Untuk roda berputarnya usaha.

Sebagai pelaku bisnis senior, Sumartono Hadinoto menambahkan dalam bisnis pelayanan juga menjadi syarat utama.

“Pelayanan ini memang sangat penting bagi apa saja. Saya selalu bilang kalau kita sudah mau melayani ya tentunya harus punya niat baik, komitmen dan iklas,” tegas Martono.

Pemilik Candi Aluminium ini selalu menerapkan pelayanan paripurna untuk usahanya.

“Pelayanan menjadi hal yang utama dan harus benar-benar kita perhatikan. Untuk itu selalu kami siapkan tukang untuk servis. Seumpamanya ada toko yang pintunya rusak tidak bisa nutup padahal sudah jam tutup toko, apa mau terbuka semaleman? Ya kami siap untuk melayani. Sesuai dengan tage line usaha kami Melayani Lebih Baik. Bukan yang terbaik tapi lebih baik dari yang lain,” paparnya.

Pada talkshow ini banyak peserta yang bertanya seputar tips dan trik berbisnis. Martono menjawab pertanyaan salah satu peserta yang bertanya tentang usaha makanan yang baru ia rilis.

“Kalau usaha makanan ada 3 kunci yaitu konsisten kualitasnya (rasa), kemasan dan daya tahannya. Kalau produk kita punya kelebihan maka teman-teman (jaringan) tentu akan mempromokan ke yang lain dari mulut ke mulut. Karena tidak mungkin jual ke teman terus. Produk harus punya kelebihan dan beda dari yang lain. Sehingga teman akan promosikan ke yang lain,” jelas Martono.

Sementara itu Mangkunegara X menyampaikan perkembangan dunia usaha di Solo terus meningkat dengan majunya pariwisata.

“Kolaborasi itu sangat penting dalam bisnis apapun. Pariwisata akan memberi dampak ikutan pada bisnis yang lain. Kuliner, perhotelan, transportasi akan ikut terdongkrak. Menjadi tugas kita bersama untuk membangun pariwisata di Solo. Agar semua lini perekonomian terdampak multi player efek dari majunya budaya dan pariwisata,” pungkasnya.

Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya bersama CIMB Niaga berlangsung di Solo Paragon Mall, Solo, Sabtu-Minggu, 23-24 September 2023. CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada para penggiat bisnis UKM di Solo untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli.

Lewat kegiatan ini pelaku usaha kecil dapat memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur. Serta menampilkan produk-produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.