Indosat Optimalkan Jaringan Dukung Kebutuhan Digital Pelanggan di Masa Libur Tahun Baru  

Indosat tingkatkan kapasitas jaringan antisipasi lonjakan pengguna di malam Tahun Baru | dok Indosat

JAKARTA, MettaNEWS – Antisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi lebih dari 100 juta pelanggan, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tingkatkan kapasitas jaringan pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Naru).

SVP-Head of Network Operations, Agus Sulistio menjelaskan, IOH juga mengoptimalkan jaringan di 371 lokasi prioritas seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, rest area, bandara, Pelabuhan, terminal, dan stasiun.

“Antisipasi dilakukan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas data di masa liburan ini. IOH menyiapkan kapasitas jaringan sekitar 50% lebih besar dari rata-rata trafik harian normal untuk mendukung aktivitas digital pelanggan yang banyak menggunakan aplikasi berbasis video seperti YouTube, Facebook, dan TikTok,” terang Agus.

Agus mengatakan, secara umum, IOH telah menyiapkan berbagai dukungan untuk kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Natal dan dan Tahun Baru.

“Seluruh upaya yang kami lakukan adalah agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital terbaik selama menjalani masa liburan sekolah, perayaan Natal, dan Tahun Baru nanti,” ungkapnya.

Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard untuk mendukung Command Center.

“IOH mengaktifkan Command Center khusus selama 24 jam 7 hari sejak 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Augmented Reality/Machine Learning) dan otomasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan,” pungkas Agus.