Hari Ke-12 Masa Angkutan Nataru, 331.952 Penumpang Gunakan KAI Commuter Yogyakarta – Palur

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Hingga Senin (30/12/2024) atau hari ke-12 masa Angkutan Nataru 2024-2025, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta telah mengangkut sebanyak 331.952 penumpang. Untuk commuterline Yogya-Palur dan Prameks dengan relasi Yogyakarta-Kutoarjo.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menjelaskan, dari rangkuman data volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur hingga 29 Desember kemarin di angka 302.258 orang. Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo dengan jumlah pengguna sampai 29 Desember 2024 ini sudah di angka 29.694 orang.

“Dengan volume pengguna paling banyak di stasiun Tugu Yogyakarta, sebanyak 76.974 orang yang turun di stasiun tersebut dan sebanyak 68.545 orang yang naik. Selain itu, khusus di Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun Commuter Line Prameks yang mengangkut pengguna sebanyak 9.708 orang,” jelas Joni saat meninjau di Stasiun Solo Balapan, Selasa (31/12/2024).

Selama angkutan Nataru ini, lanjut Joni, jumlah perjalanan Commuter Line Yogya-Palur ditambah menjadi 30 perjalanan setiap harinya. Sedangkan untuk Commuter Line Prameks sebanyak 10 perjalanan dari dan menuju Kutoarjo.

Melihat tingginya animo pengguna KRL, KAI Commuter juga menargetkan total volume pengguna Commuter Line Wilayah 6 Yogyakarta selama masa Nataru tahun ini sebanyak 617.770 orang atau lebih banyak 16,94% jika dibandingkan dengan masa Nataru 2023-2024 lalu yang sebanyak 528.284 orang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus meninjau di Stasiun Solobalapan, Selasa (31/12/2024) | MettaNEWS / Puspita

Dengan padatnya pengguna commuter line setiap harinya, Joni mengungkapkan KAI Commuter menyiagakan petugas pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2024-2025, KAI Commuter menyiagakan petugas di antaranya Security Stasiun dan Security di atas KA, Rescue, petugas Passenger Service (PS), dan Announcer (informasi) yang akan membantu dan mengarahkan para pengguna. Selain itu, fasilitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, charging booth, toilet, musholla, serta videotron sebagai informasi layanan juga telah disediakan untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh penggunanya.

“Pengguna dihimbau untuk tidak berlari-lari pada saat akan menuju kereta, karena akan membahayakan diri sendiri. Jadilah pengguna yang tertib dengan mengutamakan keselamatan, baik di stasiun maupun di dalam Commuter Line,” ujar Joni.

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan jadwal perjalanan commuter line, serta Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan, dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.