Fokus Garap Basket, Yayasan Pendidikan Warga Bangun Asrama untuk Atlet

oleh
warga creative zone
Gedung Warga Creative Zone | MettaNews/Ari Kristyono

SOLO, MettaNEWS – Yayasan Pendidikan Warga menaruh perhatian terhadap perkembangan prestasi olah raga basket di lingkungan SMP-SMA Warga Solo. Agar makin berprestasi, yayasan mendidikan asrama untuk atlet, agar mereka bisa tinggal di dekat sarana latihan yang sudah lebih dulu ada.

“Ini cuma menyeberang gang, sudah sampai GOR, di sana ada sarana latihan basket yang bagus. Ini gedung kami bangun di atas tanah yayasan. Masih ada sisa halaman yang nanti masih akan kami kembangkan maksimal sebagai kompleks Warga Creative Zone,” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Warga, Thomas Sulistyono, Kamis (30/11/2023).

Basket memang menjadi titik konsentrasi bagi yayasan untuk pengembangan kapasitas siswa-siswi di sana. Namun, Thomas Sulistyono menyebut ke depan mungkin saja yayasan mengembangkan pembinaan intensif untuk cabang olah raga lain.

Baca juga: SMA Warga Solo Bakal Punya Asrama Dinamai Warga Creative Zone

Peresmian Warga Creative Zone bertepatan dengan ulang tahun ke-119 Yayasan Pendidikan Warga. Peringatan berlangsung meriah di GOR yang tepat berada di belakang Gedung SPM-SMA Warga, di Jalan Monginsidi, Solo.

Prestasi Membanggakan dari Basket

Asrama yang terdiri dari dua gedung, masing-masing mampu menampung 24 anak. Thomas Sulistyono menunjukkan kamar-kamar dengan model asrama yang fasilitasnya cukup lengkap. Selain nyaman, dua blok gedung yang memisahkan siswa dan siswi itu juga akan memiliki pengawas asrama.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-118, Yayasan Pendidikan Warga Gelar Gala Diner Lepas Landas 2025

Prestasi olah raga basket di SMA Warga memang bukan isapan jempol. Dari web sekolah mereka muncul informasi, SMA Warga menjuarai DBL tahun 2022. Atlet-atlet mereka ada yang lanjut ke USA dalam Squad Honda DBL Indonesia All Star 2022 Putra. Ada juga yang siap bertanding ke Amman, Jordania, pada FIBA U16 Asian Championship 2022. Juga berlaga di Piala Danny Kosasih.

Sedangkan di tahun 2023 SMA Warga menjuarai ajang Liga Solo Nano Nano Divisi Utama 2023 di GOR Sritex Solo. Kejuaraan ini melibatkan 12 tim bola basket putra dan 8 tim putri dari kalangan SMA dan sederajat.

Hasilnya, SMA Warga menyabet gelar juara 1 tim putri dan runner up untuk tim putra.