Festival 76 Indonesia Adalah Kita di Solo Sukses Dipadati Ribuan Anak Muda

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Festival 76 Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 yang digelar di kota Solo sukses dengan ribuan anak muda yang memadati ajang tersebut.

Festival 76 Indonesia Adalah Kita berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (28/10/2023) malam.

Antusias anak muda di kota Solo Raya memenuhi venue sejak siang, puncaknya pada malam hari dengan penampilan grup band Tipe-X.

“Ini melebihi ekspektasi kami, penonton sangat banyak sekitar 10 ribu, dan mereka yang datang adalah anak muda,” kata Adhitya Yogatama, selaku koordinator 76 Heppiii Community Jateng DIY.

Mengusung tagline ‘Stop Bodo Amat, Jadilah Manfaat’ Festival Indonesia Adalah Kita merupakan inisiasi bersama 76 Heppiii Community Jawa Tengah.

“Bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda, kami ingin memberikan semangat pemuda untuk berkreasi sesuai dengan keinginannya. Percaya diri dengan hobi dan kreativitasnya, berkarya dan berprestasi. Tujuannya bisa kuat secara finansial atau ekonomi dengan kreativitas mereka. Hingga pemuda Indonesia punya rasa memiliki Indonesia dengan kreativitas mereka,” imbuh Adhitya.

Dalam Festival 76 Indonesia Adalah Kita juga mengajak pemuda kreatif dalam naungan komunitas 76 Heppiii Community. Dengan membuat stand atau booth, baik UMKM kuliner maupun produk kreatif. Di antaranya Radja TJ, Telalo, Hasbuna Stone, Angkringan Heppiii Karta Mandiri, dan lainnya.

Aksi kreatif lainnya yang disajikan dalam Festival ini antara lain mural, atraksi BMX, skateboard, Motor, dan aneka games. Juga ada stand makanan dan minuman dari UMKM.

“Produk pemuda 76 Heppiii Community ini agar menjadi inspirasi pemuda Solo Raya. 76 Heppiii Community sudah ada di setiap kota, ini akan kita jadikan wadah untuk berkreasi,” imbuhnya.

Adhitya berharap melalui festival Indonesia Adalah Kita bisa mendorong generasi muda khususnya anak muda perkotaan untuk berkreasi berkarya dan menjadi bagian dari kemajuan Indonesia.

“Kita ajak pemuda melalui kreativitasnya bersama komunitas-komunitas yang ada di basis lingkungannya mereka masing-masing, dengan tagline ‘Stop Bodo Amat, Jadilah Manfaat’, kita ajak pemuda peduli dengan bangsa Indonesia,” tegas Adhitya.

76 Heppiii Community adalah kumpulan berbagai komunitas anak muda di Indonesia. Menginisiasi sebuah Festival 76 Indonesia Adalah Kita 2023 yang sudah berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Koordinator 76 Heppiii Community di Jawa Tengah Budhi A. S. mengucapkan terima kasih kepada komunitas anak muda, karang taruna, pemerintah daerah, pihak keamanan, serta berbagai pihak, sehingga acara berlangsung lancar dan semarak.

“Kreativitas anak muda perkotaan bisa terwadahi dan tersalurkan dengan positif. UMKM juga mendapatkan ruang untuk mengenalkan usahanya dan meningkatkan penjualan. Anak-anak muda yang hadir juga terhibur dengan penampilan artis, grub band, dan kesenian daerah,” jelasnya.