9 Pemain Timnas Cetak 11 Gol di Babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Qatar 2024 Grup K

oleh
Timnas U-23
Line up Timnas Indonesia U-23 saat laga melawan China Taipei (Taiwan) dalam babak penyisihan Grup K Kualifikasi AFC U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) | Dok. Timnas Indonesia

SOLO, MettaNEWS – Sembilan pemain Timnas Indonesia berhasil mencetak 11 gol di babak kualifikasi Piala Asia U-23 Qatar 2024 Grup K.

Mereka adalah Marselino Ferdinand, Ramadhan Sananta, Rafael Sturick, Witan Sulaeman, Ilham Rio, Elkan Baggott,  Hokky Caraka, Pratama Arhan dan Ivar Jenner.

Pada laga perdana melawan China Taipei U-23, 9 September 2023, Garuda Muda menang dengan skor 9-0. Sedangkan saat jumpa Turkmenistan U-23, Selasa (12/9) Indonesia menang 2-0.

Hasil tersebut juga memantapkan posisi Indonesia sebagai juara Grup K dengan poin 6 dan unggul selisih 10 gol.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-Yong mengungkapkan, ia tidak pernah memberikan instruksi bahwa pemain yang harus mencetak gol adalah striker. Instruksi itu diberikan baik saat sebelum menghadapi Taiwan U-23 atau pun Turkmenistan U-23.

“Jadi selain kiper siapapun bisa mencetak gol. Saya selalu tegaskan agar fokus supaya pemain bisa cetak gol,” katanya dalam jumpa press setelah pertandingan melawan Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023).

Laga melawan Turkmenistan U-23 juga menjadi laga bersejarah bagi Ivar Jenner. Pemain asal FC Utrecht itu berhasil mencetak gol perdananya untuk Timnas U-23 saat melawan Turkmenistan U-23. Golnya pada menit ke 40 berhasil membuat Indonesia memimpin pertandingan di babak pertama.

Menanggapi catatan itu, Ivar mengaku banyak belajar saat bergabung dengan Timnas Indonesia dibawah kepelatihan Shin Tae-Yong. Ia pun optimis Timnas U-23 akan lebih baik ke depannya.

“Pertama kali saya datang ke sini, bermain dengan STY di Under 20. Champion Turkey dan Spain. Saya rasa saya belajar banyak tentang gaya bermain Indonesia. Bagaimana kami bermain. Sekarang kami menuju Asian Cup. Kami bahagia, kami akan maju lagi, jadi, lets go,” pungkasnya.