24 Bus Umum dan 1 Bus Disabilitas Netra Program Balik Gratis Kemenhub Berangkat dari Terminal Tirtonadi

oleh
Terminal Tirtonadi
Pemberangkatan 25 bus program balik gratis Kemenhub berangkat dari Terminal Tirtonadi Solo menuju 5 terminal diantaranya adalah Terminal Poris Plawad, Terminal Pulo Gadung, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Pondok Cabe | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Sebanyak 24 bus umum dan satu unit bus penumpang disabilitas netra program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berangkat dari Terminal Tirtonadi, Senin (15/4/2024) pagi.

Tercatat 1056 orang menjadi peserta arus balik gratis Kemenhub ini. Total penyandang disabilitas netra sebanyak 22 orang. Dengan rincian 16 orang dari Terminal Tirtonadi Solo, sisanya dari Semarang dan Pemalang.

Program balik gratis ini merupakan bagian dari rangkaian keseluruhan kegiatan mudik gratis angkutan jalan tahun 2024/1445 H yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub yang keberangkatannya dilaksanakan serempak dari 5 terminal di Jabodetabek pada tanggal 6 dan 7 April lalu.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan, Toni Tauladan mengatakan pihaknya juga menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor. Total kuota mudik dan balik sebanyak 40.088 peserta.

Dengan jumlah tujuan mudik sebanyak 33 kota yang tersebar di provinsi Jawa Barat sebanyak 3 kota tujuan, provinsi Jawa Tengah dan di Yogyakarta sebanyak 19 kota tujuan, provinsi Jawa Timur sebanyak 5 kota tujuan, Pulau Sumatera 4 kota tujuan serta di Pulau Kalimantan 2 kota tujuan.

Sedangkan jumlah kota keberangkatan arus balik sebanyak 9 kota yaitu Surabaya, Madiun, Wonogiri, Solo, Purwokerto, DIY, Semarang, Cirebon dan Palembang.

“Jumlah bus yang digunakan sebanyak 950 bus yang terbagi menjadi 790 bus mudik yang diberangkatkan dari 5 terminal, Jabodetabek yaitu terminal Poris Plawad, Terminal Jati Jajar Tangerang, Terminal Pondok Cabe Depok, Terminal Pulogebang Tangerang Selatan dan Terminal Kampung Rambutan Jakarta,” ujarnya.

Wijiati, salah satu peserta mudik gratis asal Purwantoro, Wonogiri merasa terbantu dengan adanya program mudik dan balik Kemenhub ini. Ia membawa 3 orang anggota keluarganya untuk ikut serta dalam program ini.

“Alhamdulillah bersyukur bisa ikut mudik dan balik gratis. Biasanya mudik ya pakai bus dengan biaya Rp 400 ribu per orang, itu baru sekali perjalanan bukan pulang pergi. Jadi kalau 4 orang ya, Rp 400 ribu kali empat. Itu sudah gede (biayanya),” ujarnya.

Secara total, pemudik yang diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi berjumlah 1.056 orang. Mereka akan menuju 5 terminal diantaranya adalah Terminal Poris Plawad, Terminal Pulo Gadung, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Pondok Cabe.